Community Development 2018

COMDEV (Community Development) merupakan bentuk kegiatan pengembangan masyarakat yang mengarah kepada capaian pada kondisi sosial-ekonomi-budaya yang lebih baik apabila dibandingkan dengan sebelum adanya kegiatan ini, khususnya mandiri dalam pengelolaan sumber daya alam yang melimpah pada daerah tersebut. Dan desa yang akan kami kunjungi adalah Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto dengan empat dusunnya, yaitu Dusun Biting, Dusun Sempur, Dusun Balekambang, dan Dusun Janjing.

comdev4

 

Desa Seloliman memiliki keanekaragaman hayati yang beragam, sumber daya alam unggulan yang berbeda-beda di setiap dusun, permasalahan aspek distribusi dan pemasaran yang menjadi permasalahan utama, ketertinggalan informasi di kota, disparitas penduduk yang cukup besar, dan kesenjangan sosial yang tinggi pada daerah tersebut, maka HIMA Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga mengadakan kegiatan Community Development untuk tahun ketiga. Program Community Development Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga berfokus pada lima aspek yang akan dijunjung, yakni entertaining (acara hiburan seperti memberikan ilmu dan pengajaran anak-anak yang masih sekolah) , programming (Program penyuluhan ekstrak jahe, kebersihan lingkungan, dan pelatihan membentuk suatu usaha bersama desa, dan membantu masalah perijinan usaha), revaluasi (memperbaiki dan meningkatkan kualitas usaha), sustaining (pelaksanaan program berkelanjutan).

 

COMDEV 2018 fokus pada pemberian bantuan perijinan usaha PIRT untuk masyarakat desa Seloliman, salah satunya adalah Ibu Juwanik dengan produk berupa bubuk ekstrak jahe. Selain itu, Panitia COMDEV juga membantu untuk mendesign kemasan dari produk Ibu Juwanik. Dalam berbagai keberangkatan panitia COMDEV melakukan beberapa treatment kepada masyarakat Desa Seloliman yang meliputi : Bulan Maret survey, Bulan April Sosialisasi kesehatan dan pemeriksaan kesehatan gratis, Bulan Mei Sosialisasi Ternak dan Usaha, dan bulan September proses pendaftaran PIRT dan Kegiatan Belajar Cinta Lingkungan bersama anak-anak SDN Seloliman, dan pada penutupannya di bulan November terdapat acara Berbagi Ceria (membagikan donasi buku, tas, sepatu) di SDN Seloliman diakhiri dengan Pengajian ba’da isya’ dan Syukuran bersama Warga. Dari berbagai treatment yang telah diterapkan pada masyarakat desa Seloliman, sehingga mereka mempunyai kebiasaan hidup yang lebih baik, dan jiwa awareness terhadap lingkungan dan usaha lebih meningkat. Diharapkan dengan itu masyarakat dapat mencapai kesejahteraan yang lebih baik dari sebelumnya.

 

comdev3

 

comdev2

 

comdev1

Hits 64