ECW (Entrepreneurship and Career Workshop)

  • By Admin Hima EP
  • In ECW
  • Posted 25 Mei 2018

Entrepreneurship and Career Workshop atau biasa disingkat ECW merupakan kegiatan tahunan dari Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga yang berisikan tentang serangkaian kegiatan kewirausahaan dan pengenalan serta pelatihan dunia kerja. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyakarat umum khususnya mahasiswa dalam mempersiapkan diri sehingga memiliki visi di masa depan untuk menjadi wirausahawan ataupun pekerja ahli yang kompeten selepas kuliah (fresh graduate).

Millennial of Economic Challenge adalah tema besar dari ECW 2018. Generasi Millennial adalah generasi yang hidup di zaman perubahan komunikasi dan internet. Masuknya generasi millennial ke dunia kerja menjadikan dilema bagi perusahaan dimana adanya kemungkinan mengalami penurunan produktivitas. Untuk itu perlu adanya peningkatkan skill dari sumber daya manusia dan memberikan pemahaman tentang peluang kerja yang ada untuk para millennials. Sasaran ECW 2018 adalah mahasiswa dan masyarakat umum di kota Surabaya, provinsi Jawa Timur.

ECW 2018 dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 4-5 Mei 2018 bertempat di Aula Fadjar Natanegoro, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga.

Day 1
Pada hari pertama ECW 2018 diadakan workshop yang menghadirkan enam tenant berpengalaman dibidangnya masing-masing yaitu Bank Jatim, Jobhun, Incotive, Analaog Surabaya, Avione, Omah Jaman Now, dan Pasukan Berani Ngopi. Acara secara resmi dibuka pada pukul 08.00 oleh ketua pelaksana dan perwakilan Hima Ekonomi Pembangunan pada sesi sambutan. Dalam kegiatan workshop ECW 2018, terdapat empat sesi training secara berurutan dengan komposisi tiga tenant melakukan training dan selebihnya menjadi information center setiap sesinya. Sebelum sesi training dimulai, tenant dipersilahkan untuk memperkenalkan diri kepada pengunjung untuk memberikan gambaran secara umum materi yang akan mereka sampaikan.ecw1

Sambutan dari Perwakilan Hima Ekonomi Pembangunan

ecw2

Perkenalan Tenant

Sesi Training Avione

ecw3


AVIONE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang kosmetik, dimana kosmetik yang diproduksi adalah buatan Indonesia yang telah dijamin halal dan telah mempunyai sertifikat resmi dari LPPOM MUI. Materi yang dibawakan AVIONE dalam workshop nya adalah Natural make up and beauty class. Dalam tuntutan perkembangan dimana sekarang banyak wanita yang dibutuhkan dalam dunia karir salah satunya penampilan mereka maka AVIONE hadir untuk mengerti kebutuhan setiap wanita dalam mewujudkan mimpi mereka untuk selalu tampil cantik dan menarik tanpa rasa khawatir. Didukung dengan teknologi terkini, AVIONE menghadirkan berbagai produk kosmetika dan perawatan wajah yang dibuat dengan formula bertaraf Internasional serta menggunakan bahan-bahan yang telah teruji aman untuk kesehatan kulit wanita Indonesia. AVIONE juga memberikan praktik atau beauty class secara gratis kepada 20 peserta pada setiap sesinya dimana mereka langsung mendapat arahan dari ahli make up nya.

Sesi Training Jobhun

ecw4


Jobhun merupakan startup pendukung perkembangan karir masyarakat Indonesia. Jobhun dalam workshopnya membawakan materi Developing Digital Profile for Millennial in career preparation, dimana jobhun sendiri memiliki layanan utama berupa konsultasi karir dan penyedia lowongan kerja. Untuk konsultasi karir, jobhun menyediakan fasilitas bagi para calon pekerja maupun pekerja yang ingin berkonsultasi mengenai karirnya kepada HRD maupun para expert sesuai bidang yang diminati. Untuk menunjang perkembang karir setiap individu, jobhun selalu berupaya menyediakan informasi lowongan pekerjaan full time, part time, internship, maupun freelance secara update. Informasi lowongan kerja yang disajikan menyasar target millennials. Melalui platform ini, jobhun akan mempertemukan pencari kerja dan pemberi kerja dengan cara yang cepat dan mudah.

Sesi Training Analog Fotografi

ecw5

Surabaya analog fotografi berdiri pada tanggal 12 November 2012, merupakan komunitas fotografi yang memiliki arah kegiatan pada bidang fotografi dengan media analog khususnya dan kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan fotografi pada umumnya. Materi yang dibawakan Surabaya analog fotografi adalah photographic film processing dimana Surabaya analog fotografi menunjukan cara menggunakan kamera analog dan mengambil gambar dengan kamera analog, dimana kegiatan tersebut sangat sejalan dengan perkembangan era saat ini dimana banyak orang yang menyukai fotografi.


Sesi Training Pasukan Berani Ngopi

ecw6


Pasukan berani ngopi adalah salah satu komunitas pencinta kopi dan barista kopi yang berasal dari Surabaya, dengan membawakan materi Coffee Business and make coffee training yang melakukan kegiatan mengenalkan kopi nusantara dan demo membuat kopi nusantara secara gratis, dimana peserta bisa mencoba bagaimana membuat kopi dimulai mengolah bijinya yang harus dihaluskan sampai bisa menjadi kopi yang nikmat. Kopi sendiri sedang mengalami trend abad sekarang dimana anak muda banyak yang membuka usaha bisnis kopi dan menjadi barista


Sesi Training Omah Jaman Now

ecw7


Omah Jaman Now merupakan salah satu co-working space di surabaya yang gratis dan berbasis NON-PROFITABLE serta menjadi sebuah wadah yang tepat untuk berkumpul, berdiskusi dan berkarya bagi seluruh komunitas, mahasiswa dan masyarakat di Jawa Timur. Omah Jaman Now membawakan materi How business co-working space works. and opportunity, weakness, strategy get networking dimana Omah jaman now memberikan pembekalan kepada peserta bagaimana membuka bisnis, mengajak kerjasama serta mencari networking dalam dunia kerja dan bisnis. Khususnya bagaimana co-working space hadir membantu para mahasiswa, karyawan serta masyarakat dalam menunjang keberhasilan bisnis dan kerjanya.


Sesi Training Incotive

ecw8


Incotive adalah media alternatif berbasis online yang dengan penuh semangat berbagi semua jenis informasi, dengan fokus pada Seni & Budaya di Indonesia. Incotive adalah singkatan dari Independent, Collaborative and Receptive. Filosofi di balik namanya adalah bertujuan untuk menjadi media independen yang tidak mengenal batas. Materi yang dibawakan Incotive dalam workshopnya adalah How to start Media Business start up, marketing strategy, and writing, dimana Incotive membagikan informasi apa pun tanpa batasan apa pun. Dibuat oleh ide-ide kolaboratif di sekitar, karya-karya diciptakan di atas pemikiran semua penulis dan kontributor. Incotive mencoba menjadi reseptif, menerima informasi sebagai hal yang obyektif. Incotive terbuka dan mau mempertimbangkan sesuatu yang baru, responsif terhadap pikiran orang lain. Incotive juga membagi pengalaman dan memberikan tips dan trik dalam membuat media kreatif berbasis online.

Day 2
Pada hari kedua tepatnya 5 Mei 2018 diadakan Seminar dan Talkshow entrepreneur dengan moderator Ibu Made Gita Nadya menghadirkan enam narasumber, masing - masing terdapat tiga narasumber yang professional dalam lingkup entrepreneur serta karir tingkat nasional. Ke Enam narasumber tersebut adalah Bank Indonesia cabang Jawa Timur, PT Bank HSBC, Raharto Teno selaku Wakil Walikota Pasuruan, Owner M-Brothers, Owner Nasi Onishi, dan Niko al Hakim selaku owner Sate Taichan. Rangkaian pra acara dimulai dengan registrasi peserta, pembukaan acara, dan yang terakhir adalah sambutan beserta pemukulan gong oleh wakil dekan FEB. Dengan prosesi pemukulan gong tersebut secara resmi acara seminar ECW dimulai pada pukul 08.30 WIB. Untuk memecahkan kejenuhan pada pertengahan acara di berikan ice breaking oleh MC (M. Firdaus Ananda) dan live music. Dan rangkaian acara ECW 2018 selesai pada pukul 13.25 WIB.

ecw9

Pemukulan Gong oleh Wakil Dekan FEB

Seminar dan Talkshow Nasi Onishi dan M-Brother

ecw10


Kedua narasumber dalam talkshow sesi pertama diambil dari mahasiswa internal Universitas Airlangga yang bernama Denis Irawan (Owner Nasi Onishi) dan Rusdinal Musli (perwakilan M-Brother sekaligus Owner CV. Mekar Jaya). Dengan usia yang tergolong muda dewasa ditambah jiwa entrepreneur yang ada pada diri mereka memberikan inti perbincangan mengenai “Intensive preparation Entrepreneur-Ideas and Passion” mudah diserap dan dipahami oleh peserta ECW 2018 yang mayoritas mahasiswa.


Seminar dan Talkshow Raharto Teno Prasetyo (Wakil Walikota Pasuruan)

ecw11


Lapangan kerja dan Jenjang Karir Profesional merupakan pokok pembahasan talkshow dengan Wakil Walikota Pasuruan tersebut. Lingkup karir yang telah beliau lalui menjadikan perbincangan mengenai lapangan kerja begitu luas. Ditambah lagi dengan banyaknya motivasi yang diutarakan pada saat acara berlangsung mendorong pola pikir peserta untuk menggapai bahkan mengawali dunia karir professional sedini mungkin.


Seminar dan Talkshow Bank Indonesia Cabang Jawa Timur

ecw12


Pada sesi ke tiga, Ibu Prasetya Reta selaku perwakilan dari salah satu instansi dambaan mahasiswa ekonomi, memberikan informasi mengenai “Fresh Graduate Recuitment System” kepada para peserta ECW yang dapat dijadikan pedoman mereka untuk mengetahui standarisasi lulusan muda yang dibutuhkan oleh instansi pemerintah maupun swasta dan bagaimana langkah untuk menggapai standar tersebut.


Seminar dan Talkshow PT Bank HSBC Indonesia

ecw13


Bank HSBC (The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited) merupakan perbankan skala internasional dengan kantor pusat yang berada di menara HSBC, London. Dalam sesi kali ini, Ibu Niken Safitri selaku Head of HR Talent and Learning membahas mengenai “Tantangan dan potensi dunia karir gen Y” secara menyeluruh yang selama ini menjadi pokok permasalahan kalangan muda dewasa.


Seminar dan Talkshow Niko Al Hakim

ecw14


Niko Al Hakim yang biasa dipanggil Okin merupakan selebgram dan suami dari Rachel Vennya merupakan founder dari Sate Taichan Goreng yang banyak dicari masyarakat. Materi yang disampaikan sangat beragam, mulai dari tips trik menjadi entrepreneur dengan memanfaatkan potensi yang ada hingga pengalaman dan perjuangannya untuk memulai bisnis itu sendiri. Pada sesi ini, komunikasi yang dilakukan secara dua arah sangat terasa intensif namun tetap dikemas dengan santai.

Hits 259