Kunjungan Koperasi KPSP, Pasuruan, Jawa Timur

[KUNJUNGAN KOPERASI]

Kunjungan koperasi adalah kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun yang merupakan bagian dari mata kuliah Ekonomi Koperasi.

 

KSPS Setia Kawan adalah tujuan kunjungan koperasi ditahun ini, KSPS Setia Kawan yang merupakan satu dari sekian koperasi di Indonesia yang terbilang mampu menunjukan jati diri koperasi yang sesungguhnya. Menjadi payung bagi anggota-anggotanya khususnya masyarakat sekitar dan sebagai penggerak perekonomian Indonesia. Koperasi yang terletak di Nongkojajar Pasuruan ini memiliki lebih dari enam ribu anggota aktif dari total sekitar sembilan ribu anggota. Memilih bidang susu sebagai usaha utamanya KPSP Setia Kawan mampu menghasilkan omset lebih dari 263 Miliar pertahun. Koperasi ini ibarat sebagai penghubung. Ada sekitar 21.570 ekor sapi yang berada di mitra yang mampu menopang produksi susu. Ia mendapatkan produk susu murni sapi dari para peternak,yang tidak lain adalah anggotanya lalu di kirimkan ke Perusahaan.

Menurut Manajer KPSP Setia Kawan, koperasi ini hanya menyuplai untuk satu perusahaan yakni PT Indolakto yang produknya sering kali kita temui bahkan kita konsumsi yaitu susu Indomilk. Untuk penyetoran susu dari anggota ke koperasi ini pun memiliki seleksi yang ketat karena kualitas sangat diutamakan di koperasi ini. Salah satu diantaranya adalah uji alkohol. Ada yang menarik dari pengujian yang diterapkan. Ketika anggota mengirimkan susu ke koperasi ini pada pukul 05.00 pagi atau 15.00 sore untuk di uji alkohol dan susu yang diberikan pecah maka susu akan dikembalikan kepada anggota dengan diberi pewarna makanan hal ini mengantisipasi jika anggota telah menyetor susu dipagi hari diharapkan tidak menyetor di sore hari dengan kualitas yang rendah. Dapat dilihat kedisiplinan koperasi ini dalam menjaga kualitas produk susunya. Hal yang seperti ini yang diharapkan bisa hadir di dalam perekonomian Indonesia. Memberikan kesempatan untuk sebuah produksi tidak sekadar kesempatan untuk sebuah konsumsi.

Hits 98