Upgrading KOPMEP 2018

Upgrading Pengurus KOPMEP merupakan salah satu program kerja dari Koperasi Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Airlangga. Kegiatan ini merupakan program rutin yang diadakan setiap satu tahun sekali sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk pembekalan kepada pengurus baru Koperasi Mahasiswa Ekonomi Pembangunan. Pembekalan yang dimaksud adalah sebuah pengenalan dan pendekatan baik antara pengurus inti maupun pengurus harian mengenai KOPMEP itu sendiri. Dengan adanya pembekalan ini diharapkan dapat meningkatkan keakraban dan membetuk hubungan yang solid antar pengurus. Kegiatan ini dilaksanakan di Villa Hartika Trawas, Mojokerto dan berlangsung dari tanggal 9 Maret sampai dengan 11 Maret 2018. Dimulai pada hari Jumat sore dan diakhiri pada hari Minggu siang.

Susunan acara kegiatan ini dimulai dengan berkumpulnya seluruh pengurus Koperasi Mahasiswa Ekonomi Pembangunan dan pembacaan doa yang dipimpin oleh Wakil Ketua KOPMEP 2018 Retisia Rismadani di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya sebelum akhirnya berangkat menggunakan kendaraan yang telah disediakan panitia. Ketika telah sampai di lokasi kegiatan, panitia mempersiapkan segala keperluan untuk Pembukaan Upgrading. Pembukaan Upgrading KOPMEP 2018 ditandai dengan penyampaian sambutan oleh Kepala Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Ajeng Kartiko Dewi sebagai perwakilan dari Ketua Umum KOPMEP dan pengawas KOPMEP yang berhalangan hadir.

Setelah acara pembukaan selesai, panitia mempersiapkan makan malam. Kemudian dilanjutkan dengan Malam Keakraban dimana pada acara tersebut seluruh pengurus ditempatkan pada suatu aula. Acara ini bertujuan untuk membentuk keakraban dan meningkatkan rasa kekeluargaan antar pengurus. Malam Keakraban sendiri berisi games-games sederhana yang melibatkan seluruh pengurus yang sebelumnya telah terbagi menjadi beberapa kelompok kecil. Acara tersebut dimulai pada pukul 20.30 WIB dan diakhiri pada pukul 22.30 WIB. Selanjutnya seluruh pengurus dipersilahkan untuk beristirahat.

Acara selanjutnya pada hari kedua diawali dengan olahraga pagi berupa Senam Ceria bersama yang berlangsung pada pukul 05.30 WIB sampai dengan pukul 06.00 WIB dan

diikuti oleh seluruh pengurus. Setelah itu persiapan untuk sarapan pagi yang dilakukan oleh setiap kelompok memasak yang telah ditentukan sebelumnya. Acara dilanjutkan dengan kegiatan Outbond yang dilakukan di lapangan terbuka yang letaknya tidak jauh dari Villa Hartika. Kegiatan Outbond terdiri dari beberapa games lapangan yang bertujuan untuk membangun kekompakan antar kelompok pengurus. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.30 WIB dan berakhir pada pukul 12.30 WIB. Selanjutnya seluruh pengurus diizinkan untuk melakukan bersih diri, sholat bersama dan makan siang. Pada pukul 14.00 WIB Kegiatan Upgrading kembali dilanjutkan dengan adanya acara inagurasi. Inagurasi sendiri adalah kewajiban bagi masing-masing kelompok untuk memberikan suatu pertunjukan yang telah dipilihkan panitia. Acara ini dibuka dengan pembacaan ketentuan pemenang oleh Ketua Pelaksana Upgrading 2018 Veronike Lutfi Ardhiya R.P, kegiatan berjalan lancar dan diakhiri pada pukul 18.00 WIB yang dilanjutkan dengan bersih diri, sholat bersama dan makan malam. Setelah itu kegiatan berlanjut dengan Sharing Session antar pengurus. Pada acara Sharing Session ini, Badan Pengurus Harian memberikan beberapa penjelasan mengenai visi-misi KOPMEP yang akan dijalankan pada tahun itu. Selain penyampaian dari sisi BPH, kegiatan Sharing Session juga memberikan kesempatan kepada seluruh pengurus untuk menyampaikan opini atau pendapat mereka, baik mengenai acara upgrading itu sendiri maupun kesan pesan serta harapannya untuk pengurus yang lain dan upgrading di kepengurusan berikutnya. Kegiatan Sharing Session diakhiri pada pukul 21.00 WIB.

Hari terakhir dari Upgrading Pengurus KOPMEP 2018 diisi oleh kegiatan memasak bersama oleh beberapa pengurus perempuan yang termasuk ke dalam kelompok-kelompok memasak. Setelah itu adalah acara sarapan pagi bersama yang berlangsung pada pukul 07.00 – 07.30 WIB. Selanjutnya pada pukul 07.30 – 09.00 WIB terdapat kegiatan Sharing Divisi. Sharing Divisi adalah kegiatan tukar informasi dan pendapat dari masing-masing kepala divisi kepada para anggotanya. Kegiatan ini sendiri juga bertujuan untuk memantapkan komitmen masing-masing pengurus baru terhadap divisi yang telah dipilih agar selama masa kepengurusan mereka dapat memberikan kontribusi yang maksimal. Setelah itu dilanjutkan dengan acara Pembacaan Nominasi dan pemberian hadiah bagi pemenang Inagurasi yang telah dilakukan sebelumnya. Acara ini berlangsung pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 09.30 WIB. Selanjutnya adalah kegiatan bersih diri dan persiapan untuk pulang. Sebagai kegiatan terakhir sebelum kembali ke Surabaya adalah dilakukan foto bersama dengan seluruh pengurus. Dan

selanjutnya dilanjutkan oleh pembacaan doa yang dipimpin oleh Wakil Ketua KOPMEP 2018 Retisia Rismadani sebelum akhirnya Kegiatan Upgrading Pengurus KOPMEP 2018 ditutup. Pada pukul 10.30 WIB seluruh rangkaian kegiatan upgrading resmi berakhir dan seluruh pengurus kembali ke Surabaya.

Demikian seluruh rangkaian acara Upgrading Pengurus KOPMEP 2018 yang disusun dan dapat berjalan sesuai rundown serta estimasi waktu yang tersedia. Namun, tidak menutup kemugkinan bahwa masih ada kekurangan-kekurangan mengenai acara ini. Oleh karena itu, diharapkan acara Upgrading Pengurus KOPMEP di tahun-tahun selanjutnya dapat memberikan inovasi-inovasi kegiatan yang lebih baik dan memberikan insentif yang optimal guna membekali setiap pengurus baru Koperasi Mahasiswa Ekonomi Pembangunan.

 kopmep1

kopmep2

kopmep3

kopmep4

kopmep5

kopmep6

Hits 65